Sejarah Akuisisi Delicious - Situs Jejaring Sosial Media Bookmarking

Next Topic
 
Posted by Gadis Gadis
      Options
Tentang Delicious
Dalam dunia webmaster online dan link building dikenal kata Delicious. Kata Delicious (bahasa english) jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti sedap atau lezat, namun dalam dunia link building webmaster kata delicious sama sekali tidak dihubungkan dengan makanan enak ataupun resep membuat makanan yang lezat, melainkan dikaitkan pada layanan gratis salah satu situs jejaring sosial dunia maya yang menyediakan fitur gratis bookmarking untuk menyimpan URL tautan (link) postingan berbagai situs aktif yang disukai ataupun membagikan url tautan tersebut pada orang lain

URL Delicious
Beberapa tahun yang lalu, situs jejaring sosial Delicious dapat diakses melalui alamat URL delicious.com, namun alamat URL ini sudah tidak lagi aktif (Server not found atau mungkin tidak lagi digunakan). Situs ini sekarang menggunakan alamat URL https://del.icio.us sesuai nama lamanya.

contoh tampilan halaman profil di delicious
Contoh penggunaan: bisa anda lihat di halaman: del.icio.us/forumwanita


Sejarah dan Pendiri Delicious
Situs jejaring sosial Delicious diperkenalkan di dunia maya pertama kali pada tahun 2003 oleh Joshua Schachter dan Peter Gadjokov dan berhasil mendapatkan dana dari investor termasuk juga investasi dari Union Square Ventures dan Amazon.com pada April 2015 sekitar $2 juta.

Pergantian Akuisisi Web Delicious

Yahoo Akuisisi Delicious
Perusahan mesin pencari Yahoo! tertarik dan membeli Delicious pada tahun 2005. Berbagai dugaan harga beli Delicious oleh Yahoo antara US$15 juta dan US$30 juta. (di masa kepemilikan oleh perusahaan Yahoo!, para pengguna Yahoo! dapat melakukan login ke delicious menggunakan akun Yahoo! mereka). Dikabarkan jika di akhir tahun 2008, para pengguna delicious mencapai 5.5 juta pengguna dan 180 juta url tautan unik yang telah ditandai (bookmarked).

AVOS Systems Akuisisi Delicious
Tanpa sepengetahuan anggotanya, perusahaan Yahoo kemudian menjual Delicious ke AVOS Systems pada 27 April, 2011, namun yahoo masih memegang kendali pengoperasian Delicious hingga September 2011. (AVOS System adalah sebuah perusahaan yang didirikan oleh Chad Hurley dan Steve Chen. Keduanya adalah pendiri situs jejaring sosial video sharing YouTube).

Menempatkan kantor delicious di San Mateo, California, dan dengan menyewa tim kelas dunia untuk membangun layanan pencarian informasi terbaik di web, Avos kemudian meluncurkan desain sistem Delicious baru versi 3.0 dalam versi beta pada tanggal 26 September, 2011. Desain ulang versi baru delicious ini memberikan kejutan negatif bagi para penggunanya disebabkan beberapa fitur lama delicious yang dianggap penting oleh para penggunanya telah dibuang atau dinon-aktifkan seperti: Delicious Support Forum dan had advised users

Pada tanggal 13 Desember 2011 Avos terus bekerja untuk mendesain ulang situs, termasuk perubahan UI ke halaman penyimpanan link dan halaman Stacks. Desain baru delicious, terutama untuk halaman Stacks, menyerupai desain dari situs berbagi foto populer Pinterest.

Pada tanggal 20 Januari 2012, Avos menambahkan lebih banyak fitur sosial ke dalam halaman Stacks Delicious, yang memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi pada Stack yang sama, sebagai Stack publik atau Stack pribadi antara sekelompok pengguna. Para pengguna juga dapat mengomentari stack dan membuat stack sebagai respon terhadap stack yang asli. Fitur sosial yang baru ini dianggap sebagai langkah yang baik terhadap pesaing seperti Pinterest yang tidak menawarkan papan pribadi pada saat itu.

Pada tanggal 2 Maret 2012, Avos terus berupaya meningkatkan Delicious untuk menjadi lebih sosial, dengan menyediakan Connector Twitter yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan akun Twitter mereka ke akun delicious. Fitur baru ini memperbolehkan link twitan dari twitter secara otomatis bisa disimpan ke akun delicious.

Karena banyak yang menganggap bahwa fitur stack Delicious mencoba meniru fitur situs bookmark visual milik Pinterest, maka pada tanggal 20 Juli 2012, Avos memperbaiki dan merubah sistem dalam fitur Stacks. Pada awal Agustus 2012, semua stack yang dibuat oleh pengguna dikonversi ke sistem tag, tanpa kehilangan data pengguna.

Science inc akuisisi Delicious
Perjalanan karir web Delicious kembali berganti kepemilikan untuk ketiga kalinya dalam 10 tahun terakhir setelah AVOS menjual Delicious ke perusahaan Science inc. Hal ini diketahui berdasarkan pengumuman dari Science inc pada tanggal 8 bulan Mei 2014 yang menyatakan bahwa perusahaan mereka telah mengakuisisi website delicious dari AVOS, namun tidak mengakuisisi para staf. Science inc sebagai perusahaan penasehat dan investasi teknologi hanya bertujuan menjaga delicious tetap besar seperti apa adanya

Nasib kepemilikian situs delicious ternyata tidak berhenti sampai di science inc saja, berdasarkan informasi dari blog delicious pada tanggal 11 januari 2016 dikabarkan bahwa delicious telah dialihkan ke perusahaan baru terbentuk, merger antara Science inc dan Domainersuite.

Dalam bulan-bulan terakhir 2016, komunitas pengguna Delicious menjadi frustrasi karena mereka tidak lagi mampu untuk memiliki kontrol penuh dari konten mereka: fungsionalitas Ekspor tidak bekerja lagi sehingga mencegah pengguna untuk mendapatkan kembali semua bookmark mereka. Bahkan antarmuka API tidak bekerja lagi sehingga banyak pihak utilitas ketiga yang tersedia tidak mampu menempatkan orang-orang untuk melakukan bookmark secara aman. (Red: Berdasarkan pengalaman penulis, beberapa jam tadi [di 12 Januari 2017] mencoba mengganti gambar profil lama delicious ke gambar profil baru tidak bisa alias gagal, walau kadang juga berhasil).

Bagaimana perkembangan selanjutnya, apakah situs sosial delicious akan berkembang lebih baik? atau akan semakin down dan menghilang dari peredaran dunia maya? atau akan berganti konten entah menjadi situs berita atau situs pribadi atau cuma menjadi arsip website terkenal?

Tahukah anda, Bukan hanya Delicious yang berganti kepemilikan, bahkan baru-baru ini beberapa fitur sosial di Yahoo dijual ke Verizon (sebuah perusahaan telekom Verizon Communications) senilai Rp65 triliun atau senilai US$5 miliar. Harga kesepakatan ini jauh lebih rendah dari yang pernah ditawarkan oleh Microsoft ke Yahoo sebesar US$44 miliar pada tahun 2008 dan nilainya sangat jauh merosot jika dibandingkan saat Yahoo mengalami puncak bisnis dot.com sebesar US$125 miliar.

1 Comment

classic Classic list List threaded Threaded
Garett Garett
Reply | Threaded
Open this post in threaded view
|

Re: Sejarah Akuisisi Delicious - Situs Jejaring Sosial Media Bookmarking

Okay.
-->> http://gravatar.com/garettosama | <3 | mailto:garett@cock.li <<--